«

»

Apr 24 2011

Tujuh Kepsek Belum Definitif

SAMBAS – Sedikitnya terdapat tujuh Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Sambas belum memiliki kepala sekolah definitif. Jabatan tersebut masih diduduki pelaksana tugas (Plt). “Memang masih ada kepsek yang belum defenitif. Ada beberapa alasan yang menyebabkannya,” ungkap Kepala Bidang SMP Dinas Pendidikan Kabupaten Sambas, Yusniar.Dia menyebutkan sekolah tersebut adalah SMP 1 dan 2 Sajingan, SMP 3 Subah, SMP Teluk Keramat, SMP satu atap Sebatokan, SMP satu atap Sejangkung dan SMP 2 Sajad. “Selain dari tujuh itu semuanya sudah memiliki kepala sekolah definitif,” ujarnya.

Yusniar menjelaskan enam dari tujuh sekolah tersebut dipimpin kepsek dengan status Plt karena kepangkatannya belum memadai untuk didefinitifkan. Sedangkan satu lagi karena memasuki masa pensiun dan belum ditunjuk penggantinya. “SMP Teluk Keramat yang sudah masuk purnatugas tapi belum ditunjuk penggantinya, statusnya di Plt kan. Sedangkan yang lain karena kepangkatan,” jelasnya.Bulan lalu Disdik Kabupaten Sambas melantik delapan pelaksana tugas menjadi kepala sekolah definitif. Kepangkatan mereka sudah layak untuk menjadi kepala sekolah.

Walau dengan status Plt, Yusniar meminta kepala tujuh SMP itu bekerja sebaik mungkin. Karena menurutnya, pemimpin sekolah mempunyai peranan besar terhadap maju tidaknya pendidikan di lembaga pendidikan yang dia pimpin. Bahkan kepala sekolah merupakan motor penggerak dari semua kegiatan di sekolahnya. “Kuncinya ada di kepala sekolah, apapun status kepemimpinannya. Definitif ataupun plt sama saja, mereka harus dapat bekerja dengan baik memajukan pendidikan,” katanye berpesan.

Yusniar melanjutkan, pendidikan di Sambas dari tahun ke tahun harus mengalami peningkatan kualitas. Hal tersebut tidak terlepas dari peran kepala sekolah. Sekolah dapat baik, kata dia, jika kepemimpinan dan manajemennya dilakukan dengan benar. Kalau dua hal ini sudah benar, hasilnya pasti akan baik. “Dua itu kunci utama pendidikan, pemimpin yang baik diikuti dengan manajemen sekolah yang baik, kualitas akan meningkat,” paparnya.

 

sumber : http://www.pontianakpost.com/index.php?mib=berita.detail&id=89700

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Berita Pentingclose